Senin, 05 Agustus 2019

{Artikel} Indahnya Aksi Formasi Jatim


Indahnya Aksi Formasi Jatim

(Dimuat di Citizen Reporter Harian Surya edisi Senin, 5 Agustus 2019)

APA jadinya jika mahasiswa dari berbagai daerah berkumpul menjadi satu? Tentu hal itu sudah biasa. Lantas, bagaimana perkumpulan tersebut merupakan mahasiswa yang sebidang atau serumpun ilmu? Pastinya hal itu luar biasa.
            Forum Mahasiswa Fisika Jawa Timur (Formasi Jatim) merupakan perkumpulan yang diikuti puluhan peserta yang berasal dari belasan himpunan mahasiswa Fisika di Jawa Timur. Kegiatan utama dari Formasi Jatim yakni Ajang Kreatifitas Mahasiswa (Aksi) sehingga dinamakan Aksi Formasi Jatim. Pada pertengahan tahun 2019, Aksi Formasi Jatim ke-34 diadakan di Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan selama tiga hari, Jumat-Minggu (26-28/7).
            Mengusung tema Physics is Our Life, membuktikan bahwa fisika tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-sehari. Misalnya saat berjalan menuju ke suatu tempat, pasti ada hal-hal fisika yang terdapat, seperti: jarak tempuh, kecepatan berjalan, waktu tempuh, dan lain-lain.
            M. Yusril Iqbal Habibana, Sekretaris Jendral (Sekjen) Formasi periode 2018/2019, dalam sambutan pembukanya berharap seluruh peserta saling berbagi ilmu dan pengalaman dari masing-masing kampus.
            “Saya berharap teman-teman dapat merasakan indahnya Formasi Jatim. Meskipun kita berbeda kampus, tetapi kita satu fisika. Marilah kita menyatukan satu frekuensi agar kita dapat beresonansi,” tutur mahasiswa asal Universitas Brawijaya Malang tersebut.

            Aksi Formasi Jatim ke-34 dihadiri oleh beberapa tokoh penting, antara lain: Dekan FKIP UIM, Presiden Mahasiswa UIM, dan alumni pengurus Formasi beberapa periode sebelumnya. Hal tersebut tentu menambah kemeriahan kegiatan. Apalagi tokoh-tokoh tersebut berkesempatan untuk berbagi ilmu dan pengalaman untuk seluruh peserta yang hadir.
            Salah satu acara Aksi Formasi Jatim ke-34 adanya kuliah tamu yang disampaikan alumni pengurus Formasi. Topik kuliah tamu tersebut tentang Generasi Emas 2045 dan motivasi lulusan Pendidikan Fisika tidak hanya menjurus ke guru atau tenaga pendidik. Dua topik tersebut sangat menarik untuk dibahas pertengahan kegiatan tersebut.
            Selain kuliah tamu, di hari terakhir terdapat acara yang sangat penting yakni pemilihan Sekjen Formasi periode 2019/2020. Pemilihan tersebut cukup lama dan berlangsung sengit. Mengingat pemilihan Sekjen tidak semudah membalikkan telapak tangan sehingga memakan waktu hampir 5 jam.
Univervitas Brawijaya Malang kembali lagi mengisi amanah tertinggi di Formasi. Ia adalah M. Faliq Adlan yang melanjutkan amanah dari M. Yusril Iqbal Habibana sebagai Sekjen Formasi periode 2019/2020.



RYAN P. PUTRA
Wakil 2 Ketua Himpunan Mahasiswa Fisika (Himasika) ITS periode 2018/2019
ryanpramanap@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar