Senin, 30 Januari 2017

{Artikel} Begini Cara Mudah Jatuh Cinta pada Fisika



Begini Cara Mudah Jatuh Cinta pada Fisika


Reportase Ryan P. Putra
Mahasiswa Fisika ITS Surabaya

(Dimuat di Harian Surya edisi 30 Januari 2017) 
http://surabaya.tribunnews.com/2017/01/29/begini-cara-mudah-jatuh-cinta-pada-fisika


MENJELANG Ujian Nasional (UN), puluhan siswa SMA Negeri 1 Tanjungbumi dan SMA Negeri 2 Mojokerto memanfaatkan masa gelisah menghadapi ujian dengan belajar ilmu fisika di Jurusan Fisika ITS, Minggu (22/1/2017).
Selain belajar, mereka juga diperkenalkan beberapa aplikasi dari fisika dalam kegiatan Open Laboratorium. Kegiatan itu merupakan salah satu sub 5th Physics Summit yang dihelat Himpunan Mahasiswa Fisika (Himasika) ITS.
Open Laboratorium bertujuan untuk melihat, mengetahui, dan memahami apa saja yang ada di laboratorium Jurusan Fisika ITS.  Ada delapan laboratorium yang bisa dikunjungi umum, yakni laboratorium teori, akustik, keramik, karakter, elektronika, fisika madya, geofisika, dan optik.
Di antara delapan laboratorium tersebut, salah satu laboratorium yang disukai para siswa adalah laboratorium elektronika. Mengapa?
Di laboratorium ini terdapat sebuah alat yang dinamakan 3D Printer. Mereka juga dikenalkan cara kerja printer yang dapat mencetak benda berbentuk tiga dimensi yang sebelumnya didesain melalui komputer.
Yang membuat mereka kaget, bahwa yang merangkai printer tersebut adalah mahasiswa Fisika ITS dan harga komponennya saja mencapai jutaan rupiah.
Selain laboratorium elektronika, laboratorium akustik juga menjadi pusat perhatian. Pasalnya, di laboratorium tersebut mereka dijelaskan beberapa sifat bunyi.
Di laboratorium akustik ini terdapat ruangan yang dapat memantulkan dan meredam bunyi. Di ruangan tersebut, mereka menjadi paham mengapa bunyi dapat dipantulkan dan diredamkan.
Ada satu laboratorium yang di pintu masuknya terdapat tulisan Alergi Kuantum Dilarang Masuk!  Laboratorium tersebut adalah laboratorium teori. Tulisan yang aneh namun masuk akal. Mereka juga dikenalkan bahwa di laboratorium tersebut tidak bermain-main dengan sebuah alat, namun tumpukan buku dan papan tulis yang menjadi senjata laboratorium teori.
Di papan tulis itulah digunakan untuk mencari hingga menurunkan sebuah rumus. Salah satu rumusnya yakni tentang kuantum.
Dari tiga laboratorium tersebut, laboratorium yang lainnya tidak kalah apiknya sehingga seluruh siswa dapat dikenalkan tentang ilmu fisika melalui safari laboratorium yang ada di Jurusan Fisika ITS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar